Masya ALLAH Kisah Ibnu Umar radhiallahu’anhu, Penakluk Singa yang Ahli Sedekah

Ibnu Umar radhiallahu’anhu (Abdullah bin Umar), mulai sejak masihlah kecil sudah masuk Islam, berbarengan dengan ayahnya Umar bin Khattab radhiallahu’anhu.

Kemana juga Rasulullah pergi, ia kerap ikut menyertainya. Ibnu Umar memanglah terdaftar masihlah ipar Rasulullah, lantaran saudari kandungnya yang bernama Hafsah binti Umar jadi istri Rasulullah.

Ibnu Umar berupaya mencontoh karakter dan rutinitas Rasulullah, seperti cara menggunakan baju, makan, minum, bergaul, dsb. Beliau dikenal juga sebagai salah seseorang teman dekat Rasulullah, yang banyak meriwayatkan hadits, diprediksikan ada sekitaran 2. 630 hadits yang ia berikan.

sedekah1a
Ibnu Umar, Pakar Sedekah

Ibnu Umar termasuk juga orang yang hidup sejahtera, ia di kenal seseorang saudagar yang berhasil. Tetapi harta yang melimpah, senantiasa ia bagi-bagikan sebanyak mungkin pada fakir miskin dan anak yatim.

Ayub bin Ma’il Ar Rasibi menceritakan, Ibnu Umar pernah membagi-bagikan sedekah sejumlah 4. 000 dirham, lantas pada esok harinya ia berhutang 1 dirham, untuk beli makanan untuk hewan yang dikendarainya.

Abu Nuaim meriwayatkan dari Muhammad bin Qais, ia berkata, “Tidaklah Abdullah bin Umar makan, terkecuali berbarengan beberapa orang miskin, sampai hal itu memengaruhi kesehatan badannya. ”

ibnu2
Ibnu Umar, Penakluk Singa



Disuatu saat, kafilah dagangnya terhambat seekor singa. Lalu Ibnu Umar, turun dari untanya, lalu jalan ke arah singa itu.

Tanpa ada rasa takut sedikitpun, dalam jarak yang begitu dekat, Ibnu Umar menggosok-gosok telinga sang singa, seakan-akan ia tengah bernegosiasi. Dan selang beberapa saat, menyingkirlah singa itu dari tengah jalan.

Seorang yang mengetahui momen itu terasa takjub. Ia lalu ajukan pertanyaan, ”Bagaimana langkahnya supaya singa itu tak menerkam Anda? ”

Ibnu Umar menjawab kalau ia pernah mendengar Rasulullah bersabda, “Jika manusia cuma takut pada Allah, jadi tak ada hal-hal lain yang dapat menguasainya. ”

Cerita Ibnu Umar mengalahkan Singa, terdaftar dalam kitab Thabaqah karya Al-Munawi dan dikisahkan oleh Al-Subki dalam kitab Hujjatullah ‘ala al-Alamin.

WaLlahu a’lamu bishshawab